Kenali apa itu HIV dan cara penangulangannya

Kenali apa itu HIV dan cara penangulangannya

 


Apa itu HIV? 

HIV adalah virus yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh atau di sebut juga dengan imun. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan AIDS. Saat ini, terdapat pengobatan medis efektif yang dapat membuat sebagian besar orang dengan HIV bebas gejala seumur hidup. Pengobatannya bersifat seumur hidup, karena tidak ada obat untuk infeksi HIV. 

HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus. {alertInfo}
Kebanyakan orang yang mengidap HIV tertular melalui hubungan seks yang kerap berganti pasangan tanpa mengunakan alat kontrasepsi seperti kondom. 
{nextPage}

Bagaimana cara penularan HIV? 

HIV ditemukan di dalam darah, air mani pria, dan cairan vagina wanita. Anda bisa tertular virus HIV ketika cairan dari orang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh Anda. 
Kebanyakan orang tertular HIV ketika mereka melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang mengidap virus tersebut. Lebih dari 90% infeksi terjadi melalui kontak seksual. dapat menularkan HIV kepada anaknya selama kehamilan, saat melahirkan, atau saat menyusui.Wanita hamil Pengobatan terhadap HIV mencegah infeksi lebih lanjut. 

Pada orang HIV-positif yang diobati dengan baik, risiko penularan infeksi tidak lagi ada. Di Denmark, sebagian besar penularan terjadi dari orang yang baru terinfeksi namun belum mengetahui bahwa mereka mengidap HIV. 

Bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh secara normal? 

Tugas sistem kekebalan adalah melindungi terhadap infeksi. Virus, bakteri, jamur, dan parasit adalah contoh mikroorganisme yang dapat membuat Anda sakit. Ketika mikroorganisme masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan berusaha menghancurkannya. Sistem kekebalan terdiri dari berbagai jenis sel kekebalan/sel darah putih. Antara lain, mereka melayang di dalam darah dan memantau bahwa tidak ada infeksi yang berkembang. Ketika sel-sel kekebalan tubuh bertemu dengan suatu mikroorganisme, banyak sel yang berbeda bekerja sama untuk menghancurkannya. Jenis sel tertentu, yang disebut sel CD4 atau sel T-helper (limfosit T), adalah sejenis konduktor yang mengontrol sejumlah sel lainnya. {nextPage}

Apa yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh ketika seseorang terinfeksi HIV? 

HIV termasuk dalam jenis virus yang disebut retrovirus. Ketika virus ini bertemu dengan sel CD4, mereka memasuki sel dan menghancurkannya. Dengan cara ini, sistem kekebalan tidak dapat melawan mikroorganisme yang berbeda seperti biasanya. HIV memasuki sel CD4, di mana ia dapat hidup selama bertahun-tahun. 

Namun pada suatu saat, HIV mulai menghasilkan ribuan partikel virus baru. Virus-virus baru ini meninggalkan sel CD4 pada saat yang sama ketika mereka membunuh sel tersebut. Virus baru ini menyerang sel CD4 lain dan akhirnya membunuh sel tersebut juga. Akibatnya, jumlah sel CD4 dalam darah perlahan-lahan turun ke tingkat yang sangat rendah. yang biasanya tidak akan Anda dapatkan. Jika Anda tertular salah satu penyakit berikut selain infeksi HIV itu sendiri, Anda mengidap AIDS.infeksi atau kanker Dibutuhkan waktu yang lama sejak seseorang tertular hingga penyakitnya berkembang. Diperlukan waktu hingga 8-10 tahun sebelum Anda tertular infeksi dan AIDS. Jika Anda diobati dengan obat anti-HIV, Anda dapat sepenuhnya terhindar dari beberapa infeksi ini. Obat-obatan melawan HIV menghambat kemampuan virus untuk menyerang sel CD4.

Bagaimana cara penularan HIV? 


HIV ditularkan melalui berbagai cairan tubuh. Darah mengandung partikel virus paling banyak. Pada pria, HIV ditemukan dalam air mani, dan virus dapat ditularkan melalui hubungan seks anal dan vagina. Demikian pula, HIV ditemukan dalam cairan vagina perempuan dan dalam ASI perempuan yang terinfeksi HIV. HIV tidak menular melalui air liur, air mata, keringat, feses atau urin. HIV dapat masuk ke dalam darah melalui luka besar dan tusukan pada kulit. Hanya dibutuhkan sedikit darah dari seseorang yang mengidap HIV untuk menularkan infeksinya. HIV menembus selaput lendir tipis pada anus, rektum dan vagina. HIV juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir tipis di mulut dan mata. HIV tidak menembus kulit utuh, dan HIV tidak dapat ditularkan melalui kontak sosial normal. Jika Anda terkena darah pada kulit dari orang yang terinfeksi HIV, Anda tidak akan tertular jika kulitnya masih utuh. Cara paling umum Anda terinfeksi adalah: 
  • Melalui hubungan seks tanpa kondom. 
  • Dengan berbagi jarum suntik. 
  • Dari ibu ke bayinya.{alertInfo}
Previous Post Next Post
//]]>